Resep Masakan

resep kue resep rendang

Video Terikini

Get the Flash Player to see the wordTube Media Player.

Sosialisasi SPIP Puslit Geoteknologi LIPI

IMG_3338

Sebagian peserta Sosialisasi SPIP di Puslit Geoteknologi LIPI Bandung

SOSIALISASI

PERAN SISTEM PENGENDALIAN INSTANSI PEMERINTAH (SPIP)

DALAM MEWUJUDKAN REFORMASI BIROKRASI

DAN PENGELOLAAN KEUANGAN NEGARA YANG TRANSPARAN DAN AKUNTABEL

Akuntabilitas pengelolaan keuangan Negara pada masa reformasi ini menjadi perhatian yang utama, setelah dua jaman sebelumnya (Orde lama dan Orde baru) harus berakhir dengan sangat tragis yaitu pelengseran secara paksa kepemimpinan diakibatkan ketidakpercayaan masyarakat terhadap pemimpinnya. Diharapkan dalam era reformasi ini terjadi perubahan yang signifikan terutama dalam hal transparansi pengelolaan keuangan Negara sehingga dapat dihasilkan laporan keuangan negara yang akuntabel dan dapat diandalkan.

Pusat Penelitian Geoteknologi pada tanggal 15 Maret 2012 telah mengadakan acara sosialisasi SPIP dengan mengundang 2 (dua) pembicara dari BPKP Jawa Barat yaitu Dr. Dailibas, SE.Ak.,MM. dan Drs. Deni Sudirman dengan moderator Siti Anisa Silvia Rosa, S.Sos., peserta terdiri atas para eselon III khususnya Kepala Bagian Tata Usaha dari masing-masing Satker yang ada di Kampus LIPI Bandung dan pegawai yang ada di Puslit Geoteknologi LIPI sehingga jumlah peserta yang hadir sekitar 50 orang.

Hasil dari sosialisasi tersebut, dipaparkan sebagai berikut:

Telah banyak usaha yang dilakukan oleh pemerintah dalam pengelolaan keuangan Negara, sebagai contoh dibuatnya lembaga pemeriksa keuangan internal pemerintahan (KPK, BPK, Inspektorat Jenderal, dsb.) ataupun dari luar instansi pemerintahan (LSM). Namun tetap saja penyelewengan anggaran ataupun korupsi masih tetap merajalela, sehingga ternyata seolah-olah peraturan yang dibuat hanya sekedar untuk dilanggar saja. Penyelewengan-penyelewengan yang terjadi disebabkan pengawasan yang tidak melekat atau hanya hard control dalam bentuk dokumen-dokumen, sedangkan dalam bentuk soft control-nya sendiri masih belum bisa diselaraskan dengan peraturan perundang-undangan yang ada.

SPIP diciptakan sebagai bentuk pemenuhan atas ketidakberhasilan pengawasan pada periode sebelumnya dalam bidang kesejahteraan rakyat. Sehingga diharapkan dengan adanya SPIP ini dapat memenuhi tujuan dari dibentuknya SPIP itu sendiri yaitu:

  • Menciptakan kegiatan yang efektif dan efisien
  • Keandalan laporan keuangan
  • Pengamanan asset
  • Ketaatan terhadap peraturan

Unsur-unsur yang terdapat didalam SPIP terdiri dari:

  • Pengorganisasian
  • Personel
  • Kebijakan
  • Perencanaan
  • Prosedur
  • Pencatatan
  • Pelaporan
  • Review internal

Tahapan yang ada dalam SPIP:

Pemahaman

Kebutuhan

Pemahaman (Sosialisasi/Diklat) Pemahaman/ penyamaan persepsi
Pemetaan (diagnostic) Kondisi tujuan
Infrastruktur (Kebijakan/SOP) Membangun pondasi/ infrastruktur sistem
Internalisasi (Implementasi) Membangun unsur-unsur SPIP
Pengembangan berkelanjutan (Monitoring/ evaluasi) Pemanfaatan SPIP

Sebagai tindaklanjut atas sosialisasi SPIP tersebut, direncanakan pada tanggal 17 April 2012 Puslit Geoteknologi akan menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan SPIP yang bertempat di Ruang Pangea Puslit Geoteknologi Komplek LIPI Bandung selama 3 (tiga) hari.

Created by: A. Sulastri
Email address: astri@geotek.lipi.go.id

  • Share/Bookmark

You must be logged in to post a comment.