Resep Masakan

resep kue resep rendang

Video Terikini

Get the Flash Player to see the wordTube Media Player.

SOSIALISASI DAN INTERNALISASI PELAKSANAAN PROGRAM REFORMASI BIROKRASI LIPI

Tanggal 8 Desember 2011 di Gd. 10 Kampus LIPI Bandung

Pada tanggal 8 Desember 2011 telah diadakan Sosialisasi dan Internalisasi Pelaksanaan Program Reformasi Birokrasi LIPI yang dibuka oleh Bapak Kepala LIPI, Prof. Lukman Hakim.  Selanjutnya sosialisasi diberikan oleh Prof.Dr. Endang Sukara, Wakil Kepala LIPI tentang “Presentasi Pelaksanaan Program Reformasi Birokrasi LIPI”, dan dilanjutkan dengan “Implementasi dan Evaluasi P2K LIPI dan SPK Settama” .  Sebagai Moderator adalah Dr. Djusman Sayuti dan Drs. Ahmad Sodik.  Acara dilanjutkan dengan diskusi.

Dalam Pembukaannya, Kepala LIPI menyatakan bahwa upaya menjelang Reformasi Birokrasi, pemerintah ingin memperbaiki kualitas pelayanan publik baik kementerian maupun non kementerian.  Keyakinan mesti ditanamkan untuk selalu dinamis.

LIPI sebagai salah satu Institusi Pemerintah membawa misi : 1. Bersifat pelayanan kepada stake holder; 2. Pelayanan atas kebenaran ilmu,  kalaupun ada kritik, itu adalah pembenaran dari ilmu & upaya-upaya ideal kita harus bersikap; 3. Pelayanan kepada masyarakat.  Masyarakat dan Pemerintah kurang mengenal LIPI, contohnya LIPI tidak diundang pada Workshop Komodo.

Pada situasi sekarang, LIPI harus menjaga komposisi agar menjadi lebih baik.  Hope : on the right track, and on the right time.  Hasil penelitian harus signifikan dan harus nyata.  Contoh : Konsep Patahan Lembang, bagaimana agar bisa lebih dipahami oleh masyarakat.   Expo LIPI 2011 cukup menggugah pemerintah & DPR, dan mulai melirik LIPI, selanjutnya ke depan, poster-poster hasil penelitian akan dipajang LIPI secara bergantian untuk menunjukkan keberadaan serta output nyata LIPI.  Output harus dibesarkan & nyata.

Menuju Reformasi Birokrasi, sebagian besar dokumen prasyarat antara lain dokumen usulan, format tahunan, roadmap dll. sudah diserahkan kepada Menpan. Perubahan ini tentu saja menuntut prasyarat menjadi lebih baik.   Harus ditunjukkan dengan timbal balik kinerja yang baik misalnya absensi, baru mendapat imbalan yang seimbang.  Insentif pertama akan diberikan sebesar 40 %, untuk selanjutnya menuju penyempurnaan.

Dalam langkah-langkah menuju Reformasi Birokrasi, terkait dengan perubahan, tentang apa yang harus dirubah? Mengapa harus dirubah? Kapan dilakukan perubahan? dan bagaimana perubahan dilakukan ?  Ada 8 kriteria dari kondisi organisasi saat ini dan permasalahannya, yaitu

  1. Struktur organisasi/kelembagaan;
  2. Peraturan Ketatalaksanaan;
  3. Manajemen Sumberdaya Manusia Aparatur Pengawasan;
  4. Akuntasi Kinerja;
  5. Pengawasan;
  6. Akuntabilitas Kerja;
  7. Kualitas pelayanan publik;
  8. Pola pikir & budaya kita (manajemen perubahan)

Kepala LIPI telah mengeluarkan SK Nomor 560/A/2011 tentang Struktur Program Management Office (PMO) tentang Manajemen Perubahan.

Dari hasil diskusi diperoleh beberapa hal yaitu :

  • LIPI bisa dikatakan sebagai lembaga penelitian kelas dunia, walaupun itu berupa UPT sekali pun, mengingat ketika dalam pergaulan internasional para peneliti, mereka tahu keberadaan dan potensi LIPI, ada 18 kriteria yang harus dipenuhi.
  • Reformasi Birokrasi tetap mengacu pada Renstra LIPI.
  • Ratio perbandingan peneliti dan pendukung belum benar.  Saat ini peneliti : pendukung = 1 : 2,5, seharusnya 3:1.
  • Penyusunan Renstra harus koordinatif antar kedeputian & harus implementatif.
  • Research station yang ada jangan dibiarkan idle, contohnya di Biak.
  • Etika peneliti, jangan ada yang jadi plagiat.
  • Diupayakan di setiap kartu nama LIPI ada situs web LIPI, supaya LIPI menjadi besar.
  • Masih rancu antara pengertian SOP (Standard Operational procedure) dengan SPK (Standard Prosedur Kerja).  Sampai saat ini SPK lebih berpengertian Surat Perintah Kerja (Istilah Lelang).  Istilah ini perlu dipikirkan lagi. LIPI menggunakan istilah SPK.  SPK pada setiap satker mengacu ke atas (Settama), selanjutnya akan diadakan Focus Group Discussion (FGD) untuk menyamakan persepsi.
  • Yang melegitimasi SPK (SOP) adalah Pusat Standar Mutu (P2SMTP).
  • Istilah dulu Good Government = satu arah, istilah sekarang Good Governance = melibatkan masyarakat dan swasta.
  • Tim yang dibentuk untuk mengawal Reformasi Birokrasi  adalah : – Tim penyusun dokumen; Tim PME Kedeputian; Aparat Pengawasan Intenal Pemerintah = Auditor = Irjen.
  • Kalau terjadi kerancuan, diselesaikan oleh Wakil Kepala LIPI & Inspektorat.
  • Ada makna-maksa symbol yang harus ditaati.  Ada guidance untuk SOP yang sudah standard dan akhirnya menuju ISO.

Sosialisasi selesai pada jam 15.30, peminat bisa men_down load bahan & hasil diskusi Sosialisasi ini dari Intra LIPI minggu depan.

(M.A. Indrakirana)

  • Share/Bookmark

You must be logged in to post a comment.